KEMBALI FIT SETELAH MENJALANKAN KEMOTERAPI - MY HEALTHINESS, MY PRECIOUS MOMENT


Kadang sebagai manusia biasa kita suka lupa betapa berharganya nikmat sehat, kebanyakan baru menyadari bahwa sehat itu benar-benar berharga ketika sudah sakit / tertular suatu penyakit. Begitu pula saya, semenjak didiagnosis menderita ca.ovarium (kanker ovarium) saya merasakan betul banyak kegiatan sehari-hari saya yang terganggu, dari mulai perkuliahan (saya harus cuti kuliah 2 semester karena pengobatan kanker tidak sebentar, sehingga saya harus menjalani serangkaian pengobatan dari mulai operasi sampai kemoterapi), dan kegiatan lainnya seperti pekerjaan nge-freelance blog dan hunting tempat makan untuk food review sementara harus terhenti.

Didiagnosis menderita kanker ovarium bukan saja mempengaruhi fisik, namun juga psikis saya, yang kemudian membuat saya makin drop. Namun setelah belajar untuk menerima penyakit saya ini dan juga dengan adanya dukungan dari orang-orang terdekat, saya dapat menjadi lebih tenang dan menikmati hidup. 

Selain belajar untuk menerima penyakit saya ini, saya juga rajin browsing dan mencari pengobatan yang kira-kira bisa membantu saya untuk fit kembali. Hal ini dikarenakan saat menjalani kemoterapi, badan saya benar-benar drop, saya jadi mudah terinfeksi penyakit akibat jumlah hemoglobin dan leukosit saya yang rendah. Berikut hal yang saya lakukan agar bisa fit kembali setelah menjalani kemoterapi:

1. ISTIRAHAT YANG CUKUP

Tubuh sudah lelah beraktifitas sehingga butuh untuk diistirahatkan di malam hari. Istirahat yang cukup yakni 7 jam di malam hari bukan saja bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh, namun juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai detoxsifikasi, dan mengoptimalkan kemampuan otak. Tidur dimalam hari tidak dapat digantikan dengan tidur di siang hari karena regenerasi sel terjadi di malam hari, oleh karena itu disarankan untuk tidur malam sebelum jam 12 dan bangun di pagi hari, selain untuk mengistirahatkan tubuh juga dapat membuat kita merasa segar dan siap untuk menjalankan aktifitas seharian. Setelah menjalankan kemoterapi biasanya saya menjadi mudah lelah (padahal saya tidak beraktifitas sama sekali), dan satu-satunya obat yang dapat mengatasi kelelahan saya hanya tidur yang cukup di malam hari dan tidur beberapa saat di siang hari. 

2. SELALU BERPIKIR POSITIF & JANGAN STRESS!
Percaya atau tidak stress dapat mempengaruhi kondisi tubuh, malah tidak sedikit beberapa penyakit berawal dari stress. Stress dapat merusak sistem imun alami tubuh yang dirancang untuk melindungi kita dari berbagai macam penyakit. Selain itu, stress juga merupakan "makanan" dari sel kanker. 


kepala & alis botak, muka penuh jerawat, efek dari kemoterapi
Selalu berpikir positif dan menjauhkan stress sangat berdampak bagi kesehatan saya. Saat awal kemoterapi saya sempat stress karena takut dikemoterapi, dan hal tersebut memperburuk kondisi tubuh saya, setelah tidak takut lagi dengan kemoterapi dan berpikiran positif dengan pengobatan tersebut malah membuat kondisi badan saya jauh lebih enak dan tidak sesakit saat kemoterapi pertama.


Dukungan dari orang-orang sekitar juga sangat dibutuhkan, selalu berpikir positif bahwa saya tidak sendirian. Stress juga bisa dihilangkan dengan banyak beraktivitas, misalnya menyalurkan hobi. Saya sendiri lebih sering menghabiskan waktu dengan mewarnai dan membaca.


3. OLAHRAGA ITU WAJIB!

Sakit bukan alasan untuk tidak berolahraga, Olahraga itu tidak harus angkat beban atau kardio selama berjam-jam ya! Sebelum sakit saya memang sudah rajin olahraga, saya sempat freak nge-gym sampai setiap hari nge-gym, namun sempat stop selama 6 bulan karena suatu hal (dan disaat itulah tumor saya berkembang menjadi ganas), olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan karena dengan olahraga dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh dan membantu pembuangan racun didalam tubuh (hasil dari makan sembarangan), camkan bahwa olahraga untuk sehat bukan untuk kurus, berat badan turun hanya sebagai bonus. Selama kemoterapi saya tetap berolahraga ringan, seperti jalan pagi dan sepedah-an. Olahraga juga membantu saya lebih segar karena membuat saya berkeringat dan terkena sinar matahari pagi.


4. BANYAK MINUM AIR PUTIH

source
Kalian tau kemoterapi itu apa? kemoterapi adalah pengobatan kanker melalui bahan kimia, bisa dilakukan melalui infus maupun oral. Seperti halnya obat lain, kemoterapi memiliki efek samping, dan efek sampingnya tidak tanggung-tanggung, selain menyerang sel kanker, kemoterapi juga merusak sel-sel sehat seperti sel darah putih, sel darah merah, ginjal, hati, jantung, merontokkan rambut dll. Salah satu cara agar obat kemo cepat keluar dari tubuh saya adalah dengan banyak minum air putih, dengan banyak minum air putih, obat kemo yang diinfuskan tidak lama mengendap dalam tubuh dan akan terbilas serta keluar melalui saluran kencing. Selama kemoterapi saya harus minum minimal 3 liter air.

5.  MAKAN YANG SEHAT

Semua orang pasti sudah tau betapa pentingnya makan makanan sehat, tapi hanya beberapa orang saja yang melakukan hal tersebut. Termasuk saya, pekerjaan saya sebagai food blogger membuat saya harus mencoba berbagai macam makanan, namun meskipun begitu saya selalu mengusahakan untuk makan sayur dan buah. Setelah sakit tentu pola makan saya berubah 180°, terdapat beberapa makanan yang pantang untuk saya makan, yakni makanan yang mengandung 4P (penyedap, pewarna, pemanis dan pengawet), makanan berlemak, makanan dengan proses pemasakan dibakar dan daging merah.  Saya rasa makanan ini bukan pantang untuk penderita kanker saja, namun juga untuk teman-teman yang masih sehat juga. Kalo pun teman-teman suka sekali jajan diluar, usahakan untuk selalu melakukan hal yang nomor 3 (Olahraga) ya! 
Selain Enak ternyata menyehatkan juga loh!
Terus makanan yang bagus untuk memulihkan kondisi badan yang drop agar tetap fit kembali bagaimana? saya mencari resep makanan dan buah-buahan yang bagus untuk memulihkan kondisi badan saya. Untuk menaikkan hemoglobin saya banyak makan protein hewani seperti telur dan ikan (terutama ikan gabus), makan umbi-umbian seperti singkong dan ubi, mengganti asupan gula dengan madu, selain itu saya juga rajin untuk membuat jus campuran buah bit dan apel (bisa diganti dengan nanas), buah bit berguna untuk membuang racun dalam tubuh, memperkuat sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh, serta dapat menghancurkan tumor dan sel kanker.
Theragran M - Multivitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh
Selain makan-makanan yang sehat, teman-teman yang ingin cepat fit dan beraktifitas kembali pasca penyembuhan bisa menambahkan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan, seperti Theragran-M. Kandungannya berupa multivitamin & mineral yang dapat membantu meningkatkan daya tubuh dan  dapat pula menggantikan vitamin dan mineral yang tidak kita dapat dari makanan yang kita makan. Hal ini dikarenakan sering sekali makanan yang kita makan tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan vitamin & mineral tubuh harian. Selain bagus untuk masa penyembuhan, Theragran-M juga merupakan vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit

Meskipun tidak sembuh total, hal-hal diatas benar membantu dalam mengembalikan kondisi badan dan meningkatkan kualitas hidup saya. Saat ini walaupun didiangnosa dengan kanker, saya masih bisa beraktivitas seperti biasa, saya masih bisa mengurus pengobatan saya sendiri, masih bisa berkendara sendiri, masih bisa jalan bersama keluarga dan hangout bareng teman (walaupun belum bisa benar-benar capek). Untuk teman-teman survivor tetap semangat dalam pengobatan dan melawan kankernya, sedangkan untuk teman-teman yang sehat jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. 

Yuk sama-sama kita jaga kesehatan, karena sehat itu sangat berharga ☺❤



Disclaimer: Saya bukanlah dokter, dan tips kembali fit pasca kemoterapi diatas merupakan muni pengalaman saya sebagai pasien kemoterapi. Perlu diingat bahwa kondisi tubuh seseorang berbeda-beda, tidak ada jaminan apa yang terjadi pada saya anakan terjadi pula di anda. Namun, saya yakin, selama anda menjalankan gaya hidup sehat, badan anda akan tetap sehat dan fit. 



"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho".



52 komentar

  1. Wah informasinya sangat menabntu, terima kasih,.

    ReplyDelete
  2. Wah Semangat terus berbagi, Informasih diblog ini sangat menarik,.. saya sangat terbantu untuk semangati teman saya yang terserang kanker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, semoga temannya bisa terus semangat ya ^^

      Delete
  3. Kak Anaaaaa! :')
    Sandwich-nya keliatan enak. *salah fokus*
    Semoga tetap fit ya, biar bisa hunting makanan enak lagi :'3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin lah fir, gampang kok itu cuma telor sama selada doang Haha.
      Amiiiin makasih fira ♥

      Delete
  4. Hi, Di... my best partner for culinary!
    Aku berharap kamu makin sehat ya sekarang.
    Jaga makannya, aku tunggu sampai kamu sembuh ya.
    Banyakin istirahat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Han! Alhamdulillah sekarang udah mendingan hehe.
      Siap nanti kalo udah fit kita wiskul bareng lagi yaa!♥

      Delete
  5. Yup, setelah sembuh dari sakit, makan itu penting. Makan yg banyak, supaya tubuh punya energi untuk regenerasi =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt ka, tapi selain banyak makanannya pun juga harus sehat hihi.

      Delete
  6. Yang kuat ya, Mbak! Dan tetap semangat!

    ReplyDelete
  7. Mbak andi semoga cepat sembuh dan sehat2 terus :)..semangatt ya mbak

    http://blueskyandme.com/2016/10/02/memulihkan-diri-pasca-sakit/

    ReplyDelete
  8. Semoga cepat pulih mbak...dan dimudahkan segala upaya penyembuhannya :)

    ReplyDelete
  9. fighting..tetep semangat ya mba biar penyakitnya cepet pergi, konsumsi Theragran-M membantu juga ya karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh :)

    ReplyDelete
  10. terimakasih tips-tipsnya Mba :)
    semoga kita selalu diberi kesehatan yah Mba, amin..

    ReplyDelete
  11. Semoga diberikan kesehatan untuk seterusnya ya, Mba :)

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Amiin, semoga mba juga selalu diberi kesehatan ya ^^

      Delete
  13. Keep strong mba, keep positive... tetep semangat yaaa... semoga makin sehat ya mbak...

    ReplyDelete
  14. kembali ke makanan sehat yuk mbak..
    akupun sedang berusaha untuk memperbaiki pola makan
    tetap semangat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba selama pengobatan aku juga menjalani diet tertentu kok. Semoga kita selalu diberi kesehatan ya mba ^^

      Delete
  15. Cintaa, salam kenal yah. Cinta asal Sul Sel? :)

    semoga selalu fit yah.
    Salam dari Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bu, iya aku asal sulsel. Amiin terima kasih bu, semoga ibu juga diberi kesehatan^^

      wah ibu makassarnya dimana?

      Delete
  16. Bermanfaat banget mba tulisannya :)
    Saya setuju banget sama poin nomer 2, stress memang secara tidak sadar dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Selain berfikir positif mengontrol emosional juga dapat menghindari stress mba..
    Btw saya juga konsumsi Theragran-M mba untuk vitamin saya hehe..

    ReplyDelete
  17. huff... ini nih yang paling butuh suplemen untuk pemulihan ya, setelah kemoterapi.
    semoga lekas pulih dengan tanpa sisa sakit ya mbak.
    salam kenal dari saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba emang karena kemoterapi itu bener butuh banyak vitamin dan nutrisi, bayangin badan abis dikasih obat keras.

      Amiiin, semoga mba farida juga selalu diberi kesehatan ^^
      Salam kenal juga mba :)

      Delete
  18. Gue suka nyeri sendiri kalo baca tentang penyakit-penyakit gini. Seolah-olah gue yang ngalamin.

    Semoga sehat terus ya the anandic!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya mas Arul itu empati sekali sampe ikut ngerasain hehe.

      Amiiin, semoga mas jg diberi kesehatan terus ^^

      Delete
  19. Kaaakkkkkk semoga cepat recovery nya ya. Harus kuat dan happy terus ya! :):) kalo udah sehat lagi biar bisa kuliner lagi. Hehehe
    Btw nice share and thank you tips2nya ya kak... Bermanfaat banget kaak <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin makasih Desiii ^^
      tentu aku selalu strong kok hehe

      Delete
  20. Semoga kondisinya semakin membaik, ya :)

    ReplyDelete
  21. Hai Ana, salam kenal juga yaa, blog kamu ga kalah bagus, kontennya inspiratif banget :")

    Btw, baca postingan ini kembali mengingatkanku untuk selalu jaga kesehatan, makasih yaaa. Kalo udah di kos makan, istirahat & olahraga bisa kacau banget, kebanyakan magernya jadi suka makan seadanya alias jajan sembaranngan, jam tidur kayak kelelawar dan jarang olahraga huhuhu emang kalo lagi sehat suka kufur nikmat :((

    Semoga lekas pulih ya Ana! Semoga proses untuk sembuh ini tidak menjadi penghambat untuk berkembang. Keep up the good work & positive vibes :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nov, Terima kasih udah berkunjung ke Blog ku ^^
      Iya nov, sama aku juga gitu waktu masih sibuk kuliah hehe

      Amiiin, terima kasih Niv, semoga kamu juga selalu diberi kesehatan ^^

      Delete
  22. Terima kasih ya Mbak.. saya jadi terharu baca tulisan ini. Kadang sakit dikit aja aku udah ngeluh, ngerasa orang yang paling terpuruk. Alhamdulillah.. belajar banyak dari ketegaran Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh harusnya aku yang terima kasih mba mau berkunjung ke blog ku hihi
      Saya juga masih suka ngeluh kok, apalagi kalo saya udh ga tahan sama sakitnya mba... saya juga masih berusaha buat benar-benar tegar mba.

      Semoga kita selalu diberi kesehatan ya mba :)

      Delete
  23. Halo Mba Ana,
    salam kenal saya Valen tinggal di Serang Banten
    Mami saya divonis ca serviks stage 3B
    instruksi dokter setelah biopsi hanya kemo
    Nah, di artikel Mba Ana bilang kalau kemo harus banyak minum
    sedangkan Mami saya hanya dibolehkan minum dalam sehari 600 cc air (sudah termasuk air dalam buah, sayur & susu) karena gagal ginjal stage 5 dan Mami tidak bisa BAK sama sekali. Boleh minta masukannya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba maaf ya baru balas. Setauku memang jika dikemoterapi harus minum banyak air (agar racun kemo bisa luruh), tapi untuk kasus mama kamu sepertinya berbeda karena beliau sudah kena gagal ginjal. Untuk masalah kemoterapi sendiri, lebih baik dibicarakan kembali dengan dokter, dengan kondisi mama kamu yang ada gagal ginjal, apakah kemoterapi akan lebih banyak memberi dampak positif atau negatif ke tubuh mama mu :)

      kadang ada beberapa pasien tetap menjalankan kemoterapi tetapi setelahnya harus cuci darah / hemodalisa :)

      Semoga mamanya cepat sehat kembali ya ^^

      Delete
  24. Salam survivors.. Sangat setuju tipsnya.. Badan terasa capek meskipun tidak ngapa*in. Semoga sembuh total dan tidak kambuh.. uang banyak tidak berarti kalau sudah divonis seperti itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw saya juga blogger, saya putuskan resign dari tempat kerja (IT) karena mudah capek dan fokus jd publisher google adsense. Btw kenapa blognya tidak di monetize google adsense mbak ana? Reply at hadiprasmono@live.com

      Delete
    2. Salam juga mas, mas juga merasa seperti itu? saya sudah tahun ke-2 dari selesai kemo dan badan saya masih ngerasa pegal2 dan capek kalo banyak aktivitas, malah kadang suka tiba2 capek sendiri, saya kira cuma saya doang TT_TT

      Iya betul mas, skrng saya bersyukur dan menikmati hidup, kaya jalan-jalan dan melakukan kegiatan yang saya sukai ^^. Wah serius? saya pasang google adsense sudah lama tapi sampe hari ini saya belum dapat penghasilan dari situ :( jujur saja saya kurang mengerti jadi cuma pasang saja hehe, kalo penghasilan lebih banyak dari kerjasama atau content placement mas.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih 🙂